IKLAN

2014/11/07

Contoh Silabus IPA K13



SILABUS PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan        : MTs Al-Muhajirin Banyuabang
Mata Pelajaran             : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas /Semester              : VII / 1

Kompetensi Inti  1 (KI.1)
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Inti  2 (KI.2)
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Kompetensi Inti  3 (KI.3)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

Kompetensi Inti  4 (KI.4)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


Kompetensi dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Aloksasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.              Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Objek IPA dan Pengamatannya








































Mengamati :
·       Mengamati teman, untuk melihat ciri-ciri yang ada pada teman, misalnya tinggi badan, warna rambut, warna kulit dst.
·       Demonstrasi mengukur panjang benda
·       Mengamati berbagai alat ukur, misalnya penggaris,  neraca,

Menanya:
1.     Dalam kehidupan sehari-hari ternyata banyak sekali obyek yang perlu diamati. Bagaimana para ahli melakukan pengamatan terhadap benda-benda di sekitar? Apa kesimpulannya!
2.     Pengukuran  termasuk salah satu pengamatan, Mengapa benda-benda tersebut  harus diukur?
3.     Apakah sebenarnya mengukur itu dan disebut apakah sesuatu yang bisa diukur itu?
4.      Apabila sesuatu yang dapat diukur disebut besaran, termasuk besaran apakah massa,   panjang, waktu itu? Apa bedanya dengan
 kelajuan, luas, dan volume?
5.     Adakah patokan yang digunakan dalam pengukuran supaya hasilnya sama secara internasional?

6.     Dalam kehidupan sehari-hari sering kita temui  besaran panjang, waktu, massa, termasuk besaran apakah ketiga besaran tersebut

Eksperimen/explore:
1.     Melakukan eksperimen kerja IPA  untuk membandingkan apakah hasil pengamatan (prediksi) sama dengan kenyataan.
2.      Mengukur panjang benda hidup dan benda tak hidup  dengan satuan baku dan tak baku
3.     Mengukur volume dengan satuan baku dan tak baku
4.     Mengukur  massa benda  benda hidup dan benda tak hidup  dengan neraca
5.     Mengukur besaran turunan, misalnya: massa jenis benda, kelajuan, laju pertumbuhan dst
Asosiasi:
·       Menganalisis data dalam bentuk tabel
·       Menyimpulkan hasil analisis data yang diperoleh dari percobaan.

Komunikasi:
·       Membuat laporan percobaan dalam bentuk tulisan.
·       Mempresentasikan hasil percobaan
Tugas
1.     Lakukan pengamatan terhadap benda-benda, kelompokkan berdasarkan ciri-cirinya,
2.     Mengerjakan tugas reviw dan berpikir kritis pada buku paket.
3.   Tugas proyek:: membaca sebuah peta suatu kota yang tertulis perbandingan skalanya, peserta didik dapat menentukan jalan mana yang paling singkat menuju  daerah tertentu dengan meniadakan faktor kemacetan

Observasi
Memberikan penilaian pada saat peserta didik melakukan percobaan.


Portofolio
1.     laporan hasil eksperimen
2.     .laporan  tugas proyek


Tes
Contoh soal Pilihan Ganda
Beberapa penrilaku yang sering dijumpai di Lab IPA berkaitan dengan pengukuran :
1.     Menuangkan air ke dalam gelas ukur
2.     Memasukkan batu ke dalam gelas ukur yang sudah berisi air
3.     Menentukan volume VA dengan mengamati posisi permukaan air
4.     Menghitung volume batu dengan rumus          (VB –VA )
5.     Menentukan volume VB dengan mengamati posisi permukaan air
6.     Menghitung volume batu dengan rumus      (VA–VB )

Empat orang siswa melakukan pengukuran volume batu dengan urutan sebagai berikut:

Siswa
Langkah kerja
P
1 – 3 – 2 – 5 – 4
Q
1 – 3 – 2 – 5 – 6
R
1 – 5 – 2 – 3 – 6
S
1 – 5 – 2 – 3 – 4
Langkah kerja yang benar dilakukan oleh siswa ..
a.   P dan R                            C.  P dan Q
b.   Q dan S                           D.  R dan S

1 x 5 JP




























·   Buku paket,
·   Lembar kerja Praktikum
·    Buku atau sumber belajar yang relevan.
·   Media elektronik




























2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3       Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4      Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan
3.1.     Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
4.1.     Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku


 

Kompetensi dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Aloksasi Waktu
Sumber Belajar


·        






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POPULER