SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : MTs Al-Muhajirin
Banyuabang
Mata
Pelajaran :
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas
/Semester : VII / 1
Kompetensi
Inti 1 (KI.1)
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
Kompetensi
Inti 2 (KI.2)
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
Kompetensi
Inti 3 (KI.3)
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
Kompetensi
Inti 4 (KI.4)
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Aloksasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||||||||
1.1.
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Objek IPA dan
Pengamatannya
|
Mengamati :
·
Mengamati teman, untuk
melihat ciri-ciri yang ada pada teman, misalnya tinggi badan, warna rambut,
warna kulit dst.
·
Demonstrasi mengukur
panjang benda
·
Mengamati berbagai alat ukur, misalnya
penggaris, neraca,
Menanya:
1. Dalam kehidupan sehari-hari ternyata banyak sekali obyek yang perlu
diamati. Bagaimana para ahli melakukan pengamatan terhadap benda-benda di
sekitar? Apa kesimpulannya!
2. Pengukuran termasuk salah satu
pengamatan, Mengapa benda-benda tersebut
harus diukur?
3. Apakah sebenarnya mengukur itu dan disebut apakah sesuatu yang bisa
diukur itu?
4. Apabila sesuatu yang dapat
diukur disebut besaran, termasuk besaran apakah massa, panjang, waktu itu? Apa bedanya dengan
kelajuan, luas, dan volume?
5. Adakah patokan yang digunakan dalam pengukuran supaya hasilnya sama
secara internasional?
6. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita temui besaran panjang, waktu, massa, termasuk
besaran apakah ketiga besaran tersebut
Eksperimen/explore:
1.
Melakukan eksperimen
kerja IPA untuk membandingkan apakah
hasil pengamatan (prediksi) sama dengan kenyataan.
2.
Mengukur panjang benda hidup dan benda tak
hidup dengan satuan baku dan tak baku
3.
Mengukur volume dengan
satuan baku dan tak baku
4.
Mengukur massa benda
benda hidup dan benda tak hidup
dengan neraca
5.
Mengukur besaran
turunan, misalnya: massa jenis benda, kelajuan, laju pertumbuhan dst
Asosiasi:
·
Menganalisis data
dalam bentuk tabel
·
Menyimpulkan hasil
analisis data yang diperoleh dari percobaan.
Komunikasi:
· Membuat laporan percobaan dalam bentuk tulisan.
· Mempresentasikan hasil
percobaan
|
Tugas
1.
Lakukan pengamatan
terhadap benda-benda, kelompokkan berdasarkan ciri-cirinya,
2.
Mengerjakan tugas
reviw dan berpikir kritis pada buku paket.
3. Tugas proyek:: membaca sebuah peta suatu kota yang tertulis
perbandingan skalanya, peserta didik dapat menentukan jalan mana yang paling
singkat menuju daerah tertentu dengan
meniadakan faktor kemacetan
Observasi
Memberikan
penilaian pada saat peserta didik melakukan percobaan.
Portofolio
1.
laporan hasil
eksperimen
2.
.laporan tugas proyek
Tes
Contoh
soal Pilihan Ganda
Beberapa penrilaku yang sering dijumpai di Lab IPA berkaitan dengan pengukuran :
1. Menuangkan air ke dalam gelas ukur
2. Memasukkan batu ke dalam gelas ukur yang sudah berisi air
3. Menentukan volume VA dengan mengamati posisi permukaan air
4. Menghitung volume batu dengan rumus (VB –VA )
5. Menentukan volume VB dengan mengamati posisi permukaan air
6. Menghitung volume batu dengan rumus
(VA–VB )
Empat orang siswa melakukan
pengukuran volume batu dengan urutan sebagai berikut:
Langkah kerja yang benar dilakukan
oleh siswa ..
a. P dan R C. P dan Q
b.
Q dan S D. R dan S
|
1
x 5 JP
|
· Buku paket,
· Lembar kerja Praktikum
· Buku atau sumber belajar yang relevan.
· Media elektronik
|
||||||||||
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian
lingkungan
|
|||||||||||||||
3.1. Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada
diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari
observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran
|
|||||||||||||||
4.1. Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada
diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku
dan satuan baku
|
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Aloksasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
|
·
|
|
|
|
|
|||||
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar